Monday, May 10, 2010

Bullying

just random post.

bullying. bully. Yaps, kalo ngomongin tentang ini pasti inget sekolah, apalagi di Jakarta, banyak sekolah-sekolah yang tingkat Senioritas Siswanya tinggi banget. Mulai dari SD, SMP sampe SMA hampir yang namanya kakak kelas itu berkuasa, dan adek kelas selalu tertindas. Hm, itu pada umumnya, lain cerita kalo adek kelasnya punya banyak backingan haha itu mah dijamin aman sentausa. Yah biasanya kita nyebuatnya Sang kakak kelas dan Si adek kelas. Atau kerennya, Senior dan Junior.

Seperti yang gue bilang, tindakan kekerasan atau lebih alusnya, gangguan dari Sang kakak kelas ke Si adek kelas itu udh biasa banget di Jakarta. Yaa walaupun sebenernya gue ga pernah ngerasain itu di Singapore. Tapi seenggaknya gue taulah gimana gilanya Senioritas di Jakarta. Kalo tingkat SD sih mungkin masih biasa-biasa aja, cuma main kata-kataan di belakang atau saling adu domba dari Sang kakak kelas ke Si adek kelas. Nah kalo tingkat SMP biasanya udah mulai berani, kadang Sang kakak kelas udah mulai berani ngelabrak Si adek kelas langsung tanpa mikir-mikir, walaupun kebanyakan cuma adu bacot doang, belum sampai ke jenjang 'kekerasan'. Tapi kalo udah SMA, :/ hups no comment deh, kadang tindakan bully-nya itu udah parah, bisa sampai ke kekerasan bahkan ke tindakan-tindakan yang sebenernya gak pantes untuk dilakukan seorang pelajar. Tapi itulah yang 'mereka' sebut TRADISI. Yang susah diilangin. faktornya sebenernya cuma satu, bales dendam. Ngerti gak maksud gue bales dendam? Hmm gini, jadi karna kegiatan bully ini udah turun temurun dan jadi tradisi, setiap angkatan tuh pasti bakal ngelakuin hal yang sama, contoh saat ini lo jadi Si adek kelas yang jadi korban tindakan bully Sang kakak kelas, pasti nantinya saat lo udah jadi Senior lo bakal ngelakuin hal yang sama ke Junior lo, karna cuma pengen melampiaskan rasa gaenaknya dulu waktu lo masih Junior. haha Get the point? yeah pasti iyalah.

Tapi kadang, yang sangat disayangkan adalah dari pihak sekoah itu sendiri, karna mungkin itu udah jadi tradisi, jadi sekolah sendiri pun kesusahan untuk menghentikan tindakan yang menurut gue sih ya, gak sepantesnya dilakukan sama pelajar. Kadang alesan tindakan bully ini gak masuk akal, atau kurang masuk akal lah, biasanya penyebab paling banyak itu ya Sang kakak kelas dan Si adek kelas sama-sama haus akan EKSIS. Hups.

Yaa tapi menurut gue nothing impossible ah, sekalipun itu udah jadi tradisi, tapi kalo emang ada niat dari kitanya buat berubah, gaada yang gak mungkin kan? hoaha oke inilah cita-cita anak mulia (sok) wkwk tp ya buat kalian gue cuma mau saranin, damai itu indah, jadi kenapa harus ribut kalo damai itu lebih indah? yakan? haha, kita pelajar, tugasnya belajar, bukan ribut wkwk. Kalo ada masalah sama temen atau sama siapapun, mendingan di selesaikan dengan cara baik-baik, kalo udah sedikit kelewatan, mending dibawa ke guru kan? dari pada harus lewat kekerasan yang menurut gue malah gak nyelesain masalah. hehehe.

Ehm, okeylah gue cuma mau nulis dan berbagi opini ke kalian, whoever you, no offense yaw! :)

xoxo, peace, love and GAWL~

No comments:

Post a Comment